harga lombok, harga cabai, harga cabe, harga cabe rawit

Harga Cabai – Cabai atau cabai merah atau chili adalah buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum. Buahnya dapat digolongkan sebagai sayuran maupun bumbu, tergantung bagaimana digunakan. Indonesia sendiri memiliki berbagai macam kuliner, yang sebagian besar mengutamakan rasa yang pedas dari cabai ini. Dikarenakan begitu banyaknya masakan khas daerah yang emnggunakan cabai, maka komoditas cabai begitu tinggi kebutuhannya di negeri ini. Cabai sebagai bumbu, rasanya yang memberikan sensasi pedas memang sangat populer di kawasan Asia Tenggara, terutama sebagai penguat rasa makanan. Bagi seni masakan Padang, cabai bahkan dianggap sebagai “bahan makanan pokok” ke sepuluh (alih-alih sembilan). Sangat sulit bagi masakan Padang dibuat tanpa cabai.

Cabai sendiri di Indonesia ada 4 macam jenis yang biasa dikonsumsi. Yakni antara lain cabai merah keriting, cabai merah besar, cabai rawit merah dan cabai rawit hijau. Masing masing cabai memiliki cita rasa sendiri jika dipadukan dengan jenis bumbu masakan.

harga cabai

Di awal tahun 2017 ini kita begitu dikejutkan dengan semakin naiknya harga komoditas cabe, terutama untuk harga cabe rawit. Pemerintah juga sedikit kalang kabut dengan hal ini, sehingga penanganan menjadi terlambat dan harga cabe terlanjur membumbung tinggi di beberapa daerah, bahkan ada daerah yang hampir mencapai Rp. 200.00 per kilogramnya. Sangat miris, mengingat kita adalah negara tropis dengan sejarah hasil agraria nya yang berlimpah.

Meskipun begitu, kenaikan harga cabai ini tidak serta merta membuat petani selaku produsen merasa senang. Dikarenakan harga beli ke mereka pun tidak terlalu tinggi. Ini berarti ada yang tidak benar, ada salah satu komponen di rantai distribusi cabai yang nakal dan melakukan pelanggaran. Hal inilah yang harus ditangani secepatnya oleh pemerintah.  Jika perlu dengan memberikan subsidi khusus untuk memotong rantai distribusi yang melakukan pelanggaran tersebut, sehingga mengakibatkan harga jual cabai yang tinggi ke konsumen. Sah-sah saja pemerintah menganjurkan kita sebagai masyarakat pengkonsumsi lombok dan cabai rawit untuk menanam sendiri, tapi saya kira ini tidak akan cukup banyak membantu jika memang tidak ada pembenahan di rantai distribusi komoditas cabai (cabe) ini.

Disisi lain, saat ini para Petani tidak banyak yang menanam cabe dikarenakan lahan yang biasanya dipergunakan untuk menanam cabe di saat musim penghujan, dipergunakan untuk tanaman padi, memasuki musim penghujan kebanyakan tanaman cabe dilakukan di kebun saja sehingga produksinya pun tidak banyak. Ini menjadi faktor lain mahalnya harga cabai karena areal tanaman cabai menajadi sedikit, serta akibat hujan yang terus menerus sehingga mengakbitkan pembuahan cabai berkurang produktivitasnya. Bunga membusuk, cabai yang sudah berbuah pun mudah busuk.

Salah satu harga bahan pangan pokok masyarakat yaitu cabe rawit kembali meroket. Rata-rata di beberapa daerah, harga cabe rawit naik hampir 50 persen dari harga semula. Salah satu pedagang dari pasar induk Caringin, Jawa Barat, Dadan Sujana mengatakan, harga cabe rawit merah saat ini mencapai Rp 65.000 per Kilogram. Harga di pasar kecil yang langsung menyentuh masyarakat disebut-sebut mencapai Rp 100.000 Kilogram, bahkan di daerah lain juga seudah sempat menyentuh angka Rp 200.000 per Kilogramnya. Ini sudah sangat tidak wajar.

Harga Cabai (pusat)


Komoditas harga Cabe Merah Besar
Harga Tertinggi
08 Januari 2017 Rp 65.000/kg
Pasar Baru Metro Atom
Harga Terendah
08 Januari 2017 Rp 6.500/kg
Pasar Lenteng Agung
Harga Rata-Rata
08 Januari 2017 Rp 46.262/kg
DKI Jakarta

Komoditas harga Cabai Merah keriting
Harga Tertinggi
08 Januari 2017 Rp 70.000/kg
Pasar Glodok
Harga Terendah
08 Januari 2017 Rp 35.000/kg
Pasar Pondok Labu
Harga Rata-Rata
08 Januari 2017 Rp 52.348/kg
DKI Jakarta

Komoditas harga Cabe Rawit Merah
Harga Tertinggi
08 Januari 2017 Rp 150.000/kg
Pasar Petojo Ilir
Harga Terendah
08 Januari 2017 Rp 13.000/kg
Pasar Jatinegara
Harga Rata-Rata
08 Januari 2017 Rp 116.150/kg
DKI Jakarta

Komoditas harga Cabe Rawit Hijau
Harga Tertinggi
08 Januari 2017 Rp 100.000/kg
Pasar Johar Baru
Harga Terendah
08 Januari 2017 Rp 8.000/kg
Pasar Pramuka
Harga Rata-Rata
08 Januari 2017 Rp 74.667/kg
DKI Jakarta

Disclaimer :

  • Informasi DI atas adalah harga di daerah Jakarta saja.
  • Harga Cabai bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kondisi Pasar di masing-masing daerah

Demikian yang bsia kami informasikan dari artikel Harga Cabai ini, semoga bisa bermanfaat bagi Anda.

Pencarian Masuk:

  • harga cabe rawit 2017
  • harga cabai mei 2017
  • Harg cabaey cili
  • jadwal kpal awu bulan juni 12 juni 2017
  • harga cabe rawit bulan mei
  • harga cabe rawit april 2017
  • harga cabe merah mei 2017
  • Harga cabe hari ini tanggal 19 juni 2017 di pasar induk medan
  • harga cabe 2017
  • harga cabai merah mei jateng
Harga Cabai Juni – Juli 2017
Tagged on:             

Tinggalkan Pesan

DMCA.com Protection Status