Mengenal Lebih Dekat Burung Cucak Ijo Mini

Harga Cucak Ijo Mini – Cucak ijo mini adalah salah satu dari jenis burung berkicau penyanyi dari keluarga Chloropseidae yang kicaunya unik dan sayang untuk dilewatkan bagi penggemar burung. Ukuran tubuh dari burung ini lebih kecil dari sejenisnya yangs ama sama cucak ijo, namun lain kata jika sudah berbicara mengenai bakat dan kicauan yang ia hasilkan adalah istimewa. Selain suara gacor yang cocok untuk memaster jenis burung lain, unggas ini juga cukup piawai dalam meniru nada suara burung lain. Inilah mengapa jenis spesies yang bernama lain Lesser Green Leafbird ini dari dulu juga cukup digilai para kicau mania di Indonesia.

Dalam beberapa waktu terakhir ini nampaknya juga cukup banyak para penghobi atau ahli berpendapat, bahwa burung cucak ijo mini keberadaannya memang begitu populer di pulau Sumatra, namun kurang begitu ramai di Pulau Jawa. Mungkin hal ini menjadi sangat wajar adanya, mengingat burung ini besar kemungkinan kecocokan habitat-nya di sekitaran pulau Sumatera dan Kalimantan sehingga banyak ditemui disana. Selain itu, burung cucak ijo ini juga kerap dianggap sub-spesies dari burung cucak ranting atau cucak daun sayap biru (Chloropsis cochinchinensis). Namun juga tidak sedikit yang menyangkalnya, bahwa burung cucak yang satu ini merupakan jenis spesies tersendiri terpisah dari jenis yang sudah ada.

harga cucak ijo mini

Hal ini cukup beralasan, mengingat jika dilihat dari segi penampilan dan postur tubuh secara fisik keduanya sudah sangat berbeda. Warna bulu cucak ijo mini seluruh tubuhnya memiliki warna hijau, sementara itu cucak ranting lebih mempunyai kombinasi warna antara hijau dan kuning pada bagian badan serta kepalanya. Cucak ranting juga memiliki warna dominan biru terang pada bagian sayap dan ekornya. Akan tetapi untuk urusan suara, cucak mini ijo ini dinilai penghobi lebih mempunyai kicauan yang bervariasi dan diklaim lebih pandai meniru suara burung lain.

Ciri Burung Cucak Ijo Mini
ciri-ciri utama untuk bisa mengenali burung cucak ijo mini ini adalah cukup mudah. Kita bisa melihat, dari ukuran tubuhnya mungil yang rata-rata tumbuh sekitar 15-18 cm saja. Selain itu, warna hijau di hampir seluruh bagian tubuhnya lebih gelap. Tidak ada warna lain seperti warna biru, baik itu di bagian wajah atau bagian tubuh lainnya. Suaranya yang memang merdu dan nyaring, namun powernya kerap naik turun atau tidak konsisten bergantung kondisi si burung mini ini.
Letak kemudahan untuk dibedakan juga terdapat untuk mengenali ciri pada jenis jantan dan betina Cucak Ijo Mini. Untuk Mini Betina tidak mempunyai warna hitam di wajah seperti si Mini Jantan. Sedangkan untuk jantan dan betina yang usia muda memiliki ciri tidak mempunyai warna kuning di bagian dagu serta leher, namun cenderung memiliki warna hijau dengan garis biru pucat.
Perbedaan jantan betina juga dapat dirasakan dari segi kekhasan suaranya. Dimana menurut para penghobi, suara gacor Mini Jantan lebih bervariasi dan berkarakter, sedangkan Mini Betina cenderung rata. Selain itu, mentalnya si jantan juga dianggap lebih berani dan bahkan lebih sering Ngentrok daripada si betina.


Kandang
Rata-rata ukuran untuk kandang/sangkar si Cucak Mini Ijo yang biasa digunakan setiap para penghobi adalah berukuran 50×60 cm. Sebetulnya bentuk atau ukuran kandang tidak bisa disesuaikan secara pasti, sebab tergantung kebutuhan akan status burung itu sendiri. Misalnya, untuk jenis burung master, penangkaran atau hanya dijadikan sekedar hewan peliharaan rumah tentunya untuk kandangnya tidak terlalu besar.
Kebersihan kandang dan tempat pakan voer serta tempat air minum juga sebaiknya dilakukan pemeliharaan rutin setiap hari. Disarankan lebih baik jika pemberian minumnya dari sumber air yang bersih dan higenis, misalnya air mineral isi ulang.

Perawatan Harian
Jika sebelum memandikan pada saat pagi dan sore hari, sebaiknya diangin-anginkan dulu cucak ijo mini selama kurang lebih sekitar 25 hingga 30 menit. Untuk pemandian sendiri tergantung dari kebiasaan si burung, bisa dengan metode semprot ataupun memakai keramba. Setelah itu, biarkan dulu si burung berjemur kurang lebih 1 hingga 3 jam tergantung kondisi cuaca, dan pastikan benar-benar kering dan nyaman. Jika cuaca sedang panas bisa dilakukan 1 hingga 2 jam saja, namun jika cuaca sedang dingin bisa dilakukan antara 2 sampai 3 jam saja.

Perawatan dan Setelan Harian Cucak Ijo Mini
Selain makanan buah-buahan dan Extra Fooding, burung Cucak Ijo Mini ini juga sangat menyukai makanan nektar bunga. Pakan buah seperti buah pisang juga bisa diberikan sebagai asupan vitamin dengan tujuan agar si burung selalu sehat dan rajin berkicau. Agar tidak mudah lemas, jangan lupa berikan juga pakan voer. Pakan EF juga terbilang sama dengan pakan yang lain.
Sebaiknya jangan terlalu berlebihan memberinya supaya tidak terjadi over birahi pada si burung. Makanan EF misalnya serangga jangkrik, standarnya diberikan 5 ekor dalam sehari, yakni 3 ekor pada sore dan 2 ekor pada waktu sore hari.

Pakan
EF atau extra food merupakan makanan cucak ijo mini tambahan yang sudah jelas juga dibutuhkan untuk kebaikan si Cucak Ijo Mini ini, namun tetap harus diperhatikan dalam pemberian takaran yang benar. Untuk pakan nutrisi yang biasa diberikan oleh setiap pemelihara untuk burung mungil ini adalah berupa jenis Jangkrik ataupun Ulat Hongkong. Beri jangkrik sebanyak 2 ekor pada pagi dan sore hari. Selain itu, beri pakan kroto 2x dalam seminggu sebagai selingan. Setiap harinya juga berikan si burung makanan buah-buahan seperti buah pisang dan pepaya guna menunjang vitamin c pada tubuhnya agar tetap sehat.

Harga Cucak Ijo Mini

Harga Burung Cucak Ijo MiniJantan Rp.200.000, Betina 100.000 (tertinggi Rp. 750.000,-)

*Harga Bisa berubah sewaktu-waktu
**Harga Berbeda di masing-masing daerah

Demikian yang dapat kami sampaikan pada artikel berjudul Harga Cucak Ijo Mini kali ini. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Pencarian Masuk:

  • harga burung cucak ijo mini
  • harga pasaran cucak ijo mini 2017
Harga Cucak Ijo Mini September – Oktober 2017
Tagged on:     

Tinggalkan Pesan

DMCA.com Protection Status