Kebiasaan Burung Cucak Rowo dan Penyebaran Burung Cucak Rowo – Penangkaran Burung Cucak Rowo

Harga Cucak Rowo – Seperti namanya, Burung Cucak Rowo ini biasa ditemukan habitatnya pada payau dan rawa-rawa yang ada di sekitar sungai, ataupun di tepi hutan. Burung ini juga sering bersembunyi di balik dedaunan dan hanya terdengar suara kicaunya yang begitu khas.

UMUM
Burung cucakrowo atau juga dikenal sebagai cucakrawa adalah salah satu anggota burung dari suku merbah. Merbah atau disebut juga jenis cucak-cucakan (familia Pycnonotidae) adalah suku burung pengicau dari negeri Afrika dan Asia tropis. Burung-burung ini kebanyakan memiliki suara kicau yang merdu dan nyanyian yang beraneka ragam, serta kerap kali membuat hutan menjadi ribut oleh suaranya terutama di waktu pagi dan petang hari. Dalam bahasa Inggris, burung-burung ini dikenal sebagai Bulbuls bird.

harga cucak rowo

Burang cucak rowo ini memiliki ukuran tubuh yang sedang, biasanya agak ramping, leher pendek, dan ekor agak panjang. Kerap kali memiliki misai yang halus.

Sebagian spesiesnya sendiri memiliki warna-warni yang cerah, yaitu warna kuning, jingga, merah, pada dada, perut atau pada bagian seluruh tubuhnya. Akan tetapi kebanyakan juga berwarna suram coklat zaitun, keabu-abuan atau kekuningan, dengan warna kuning, jingga atau merah pada bagian pantatnya. Jantan dan betina pun juga berwarna serupa. Kemudian beberapa jenis burung cucak rowo ini juga memiliki warna hitam di kepala, jambul yang dapat digerak-gerakkan, atau janggut putih.

Merbah adalah kelompok burung pemakan buah-buahan dan serangga. Di hutan, kebanyakan burung ini senang menjelajah semak belukar dan hutan yang setengah terbuka, memetik aneka buah kecil-kecil dan memburu serangga. Meski sebagian yang lainnya lebih senang tinggal di atas pepohonan.

Burung ini sering sekali didapati berpasangan atau berkelompok, burung-burung ini terkadang bercampur dengan jenis yang lain, sehingga menimbulkan suara yang ramai bersuara nyaring saling memanggil satu dengan yang lain.

Merbah membuat sarang di atas pohon atau perdu, sarangnya berbentuk cawan yang terdiri dari rumput, tangkai daun, atau serpihan daun, dan bercampur dengan serat-serat yang lain. Biasanya terdapat telur 2 hingga 3 butir.

Cara yang Benar Membawa Burung Cucak Rowo
Alat yag paling baik adalah besek atau kerdus yang sudah dilubangi. Sebelum dikemas, 2 atau 3 hari sebelum perjalanan sebaiknya diberikan ibat anti stress yang banyak tersedia di pasaran. Jauhkanlah dari mesin mobil maupun AC mobil yang menganggu. 1 kotak/besek usahakan untuk 1 burung saja.

Setelah sampai tujuan, ada baiknya langsung dimasukkan sangkar dan digantungkan sangkar di tempat yang teduh, aman, serta jauh dari segala gangguan, ataupun juga bisa dengan meletakkan sangkarnya di atas rerumputan. Bilamana memungkinkan, segeralah memberikan makanan alami agar kondisinya segera pulih kembali.

Asal muasal Burung Cucak Rowo memang selalu menjadi polemik, dalam artian bahwa orang cenderung mengatakan Burung Cucak Rowo medan adalah bagus, tetapi kita tidak seharusnya berkiblat pada hal tersebut. Sebab pada nyatanya bukanlah asal-muasal yang berpengaruh, akan tetapi memang dasar pada suara yang dimilikinya bagus atau tidak, maka seharusnya dengan dasar suara inilah kita seharusnya berpedoman untuk menentukan bahwa Burung Cucak Rowo itu berkualitas atau tidaknya. Secara umum tidak ada perbedaan volume, mental dan jenis suara yang didasarkan oleh daerah asal/habitat. Burung Cucak Rowo Sumatrera dan Kalimantan ada yang bermental bagus volume dahsyat, ada yang bersuara biasa saja. Secara fisik, Burung Cucak Rowo daerah sumatera relatif lebih besar ketimbang dari pulau lain. Meski demikian, secara umum bodi Burung Cucak Rowo di Kalimantan yang masuk wilayah Malaysia, bertubuh bongsor seperti Burung Cucak Rowo Sumatera. Sebagai ilustrasi maka ciri fisik yang bagus adalah :

  • memiliki Bentuk kepala agak bulat dan besar, dahi menonjol
  • memiliki Paruh, panjang, tebal dan kuat.
  • memiliki Lubang hidung lebar, terllihat kecil karena tertutup atau terlindung bulu hidung
  • memiliki Leher panjang dan pangkal leher agak mengembang
  • memiliki Tulang paha kiri kanan agak merapat
  • memiliki Jari kaki kuat dan panjang
  • memiliki Bulu sayap panjang, bulu dada terlihat lembut dan tampak mengkilap
  • memiliki Bulu ekor panjang dan mengumpul, makin keujung maikn runcing dan mengecil

Catatan – Ilustrasi diatas di dapat dari proses pembandingan antara Burung Cucak Rowo yang bagus dan Burung Cucak Rowo biasa, jadi bila kita tidak pernah melihat Burung Cucak Rowo yang bagus, tentulah sangat sulit bagi kita menerapkan hal tersebut.

Harga Cucak Rowo


JenisUsia / UkuranHarga
Cucak Rowo SumatraUmur 1-2 bulanRp. 3.000.000 – Rp. 3.700.000
Cucak Rowo SumatraUmur 3-5 bulanRp. 4.500.000 – Rp. 5.700.000
Cucak Rowo SumatraUmur satu tahun atau 12 bulan>= Rp. 7 juta
Cucak Rowo Sumatra1 pasang Dewasa15 juta hingga 18 juta rupiah.
Cucak Rowo Kalimantanusia 1 hingga dua bulan2 juta hingga 3 juta rupiah
Cucak Rowo Kalimantananakan umur 3 – 5 bulanRp. 5 jutaan.
Cucak Rowo Kalimantandewasa atau yang sudah berusia 1 (satu) tahunRp. 7 jutaan ke atas
Cucak Rowo Kalimantan1 pasang Dewasa siap KawinRp. 18 juta rupiah
Cucak Rowo KhususAnakan dari induk burung Cucak Rawa biasaRp. 2 juta hingga Rp. 3 juta per pasang
Cucak Rowo KhususAnak burung dari induk yang sudah ropelRp. 4.500.000 per pasang
Cucak Rowo KhususIndukan yang ropelRp. 15 juta hingga 18 juta per pasang

 *Harga Bisa berubah sewaktu-waktu
**Harga Berbeda di masing-masing daerah

Sekian terlebih dahulu yang dapat kami sampaikan pada artikel berjudul Harga Cucak Rowo kali ini. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Harga Cucak Rowo September – Oktober 2017
Tagged on:

Tinggalkan Pesan

DMCA.com Protection Status