Harga Tiket Masuk Candi Borobudur – Halo travelers, kali ini nanyaharga.com akan membahas salah satu destinasi wisata kebanggaan masyarakat Indonesia yang gaungnya juga sudah mendunia karena tidak kalah dengan populernya pulau Bali. Iya, dekade ini siapa yang tidak kenal dengan Candi Borobudur? Candi nan Megah yang Ekstotik karena memiliki banyak kekayaan intelektual dan budaya, bernilai seni tinggi karena detail dan kerumitannya arsitekturnya, serta bermakna tinggi karena filosofi dari berbagai relief-relief yang terdapat pada setiap ukiran candinya. Hmmm, mungkin rasanya akan rugi sekali jika sekali saja dalam hidup kita belum pernah berkunjung ke tempat ini ya hehee

Sebelum kita bahas lebih jauh mengenai harga tiket masuk candi borobudur ini, maka akan kami coba informasikan kepada traveller sekalian bagaimanakah gambaran dan review wisata candi Borobudur ini. Jadi tentunya traveller sekalian akan semakin mantab tentunya menjatuhkan pilihan berkunjung ke wisata ini. Simak terus yaa..

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur Terbaru

Sejarah Singkat Borobudur

Pada jaman Dinasti Sailendra inilah mereka membangun peninggalan Budha terbesar di dunia yaitu antara tahun 780-840 Sesudah Masehi. Dinasti Sailendra ini merupakan dinasti yang berkuasa pada kala itu. Peninggalan nan megah ini dibangun sebagai tempat pemujaan untuk Budha dan juga merupakan tempat untuk melakukan ziarah. Pada tempat ini berisi segala petunjuk yang menggambarkan agar manusia menjauhkan diri dari nafsu dunia dan menuju pencerahan dan kebijaksanaan menurut Buddha. Peninggalan candi ini sendiri telah ditemukan oleh Pasukan Inggris pada tahun 1814 yang pada wktu itu dipimpin oleh Sir Thomas Stanford Raffles. Area candi borobudur pada waktu itu adalah masih penuh semak belukar dan tidak terawat, kemudian berhasil dibersihkan seluruhnya pada tahun 1835.

Candi Borobudur sendiri dibangun dengan gaya Mandala yang mencerminkan alam semesta dalam kepercayaan agama Buddha. Struktur pada bangunan ini berbentuk kotak dan memiliki empat pintu masuk yang titik pusatnya ditengah berbentuk lingkaran. Jika kita melihat sepintas dari luar hingga ke dalam maka candi ini akan terbagi menjadi dua bagian, yaitu alam dunia yang terbagi menjadi tiga zona di bagian luar, dan alam Nirwana di bagian pusat atau bagian dalamnya.
Termasuk Candi Budha yang memiliki 1460 relief dan sejumlah 504 berbagai macam stupa Budha. Dibangun oleh Raja Samaratungga (adalah merupakan raja dari Kerajaan Mataram Kuno, keturunan Wangsa Syailendra) yang dibantu oleh ribuan rakyatnya. Borobudur memiliki makna sebagai gunung yang berteras-teras (budhara), sementara pada sebagian lainnya mengatakan Borobudur berarti adalah biara yang berada pada tempat yang tinggi.
Bentuknya punden berundak yang terdiri dari 10 tingkat dengan tingginya 42 meter (setelah direnovasi menjadi 34,5 meter)
Setiap tingkatan melambangkan tahapan kehidupan pada manusia. Bagian dasar yang bernama Kamadhatu (yang melambangkan manusia yang masih terikat nafsu), diatasnya adalah Rupadhatu (perlambang manusia yang telah membebaskan diri dari nafsu dunia akan tetapi masih terikat rupa dan bentuk: yang terdiri dari empat tingkatan), selanjutnya bagian atas sendiri adalah Arupadhatu (manusia yang telah terbebas dari nafsu, rupa, dan bentuk terdiri dari tiga tingkatan) dan yang teratas adalah Arupa (lambang nirwana tempat Budha berdiam).
Setiap tingkatan memiliki relief-relief indah yang menceritakan kisah Ramayana, kondisi masyarakat saat itu seperti pertanian dan pelayaran).

Cara Menuju Lokasi Candi Borobudur

Nah, bagi Anda yang berencana pergil liburan ke borobudur dan merupakan wisatawan yang berasal dari luar kota, maka berikut ini akan kami coba berikan gambarannya (lokasi jelas bisa di lihat di google map). Kota besar terdekat dari Borobudur adalah Yogyakarta sejauh 40 km. Kota terdekat lain adalah kota Magelang yang jaraknya sekitar 17 km. Ibu kota Jawa Tengah sendiri yaitu kota Semarang, berjarak kurang lebih 90 km dari Borobudur.

Bus dari Yogyakarta

Dari Yogyakarta anda hanya perlu menuju terminal bus Jombor untuk menaiki bus jurusan Borobudur. namun jika anda berada dari posisi di bandara Adisutjipto anda bisa menaiki bus Damri jurusan bandara – Borobudur langsung. Jika anda posisi start berada dari dalam kota Yogya, maka anda bisa menaiki bus Trans Jogja jurusan terminal Jombor.

Bus Jurusan Borobudur biasanya berukuran lebih kecil daripada bus antar kota antar provinsi dengan tarif sekitar Rp 10.000/orang. Waktu tempuh biasanya sekitar 1 jaman dari kota hingga tiba ke lokasi candi.

Jika sudah sampai di terminal Borobudur, maka anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan tranportasi lokal seperti becak, dokar, ataupun juga bisa berjalan kaki karena jaraknya yang sudah tidak jauh lagi..

Kendaraan Pribadi dari Yogyakarta

Sebagi informasi, jalan utama menuju candi Borobudur dari Yogyakarta adalah melalui Jalan Magelang.

Untuk menuju jalan Magelang anda dapat menuju arah terminal bus Jombor. Kemudian dari Jombor bergeraklah menuju ke arah utara yaitu ke Kota Magelangdan menuju kesana. Setelah jarak tempuh sekitar 40 km, anda akan menemui bangunan Tugu Bambu Runcing Muntilan. Tak lama setelah dari arah tugu tadi, anda akan bertemu pertigaan Palbapang (Mungkid Magelang), ambillah arah ke kiri.

Jarak Palbapang hingga tiba di candi Borobudur adalah sekitar 10 km. Candi Mendut sekitar 4,5 km.

Bus Dari Semarang

Dari terminal bus semarang, Anda bisa naik bis jurusan Jogja ataupun jurusan Magelang.
Anda dapat turun di beberapa tempat seperti langsung di terminal bus Magelang, ataupun juga bisa di persimpangan Blondo (pertigaan antara mertoyudan dan blabak), atau persimpangan Palbapang (pertigaan antara blabak dan muntilan).

Dari situ, kemudian anda bisa melanjutkan perjalanan menuju terminal Borobudur dengan menggunakan bus yang ke arah Borobudur. Jarak Semarang-Borobudur adalah sekitar 90 km, dengan waktu tempuh sekitar 3,5 jam.

Berbagai Atraksi Di Candi Borobudur

Nah, bagi Anda para traveller sekalian ataupun juga para wisatawan yang ingin pergi ke Candi Borobudur, maka pastinya sudah tahu apa yang ingin Anda dicari. Selain melihat langsung salah satu dari 7 keajaiban dunia ini dengan kekayaan budaya dan filosofi dari setiap relief dan bangunan candinya, plus indahnya pemandangan alam sekitar candi Borobudur.. Nah, tahukah traveller sekalian? jika pihak pengelola juga menyediakan berbagai macam atraksi agar wisata Candi-candi ini menjadi semakin semarak sehingga bisa membawa kesan memorable yang lebih mendalam, dan Anda bisa Fun bareng keluarga tercinta tentunya.

Apa sajakah berbagai hal hiburan dan atraksi lain yang ditawarkan di Candi Borobudur ini, simak ulasannya berikut ini :

VW Cabrio Tour Desa – Desa Borobudur
Paket wisata yang satu ini sangatlah menarik dan bisa dijadikan atraksi baru bagi traveller sekalian yang juga ingin berkeliling di desa-desa sekitar candi Borobudur sembari merasakan kerennya sensasi naik mobil klasik. Bayangkan jika traveller sekalian akan menikmati panorama indah pegunungan, udara yang masih segar khas pedesaan, bangunan megah candi Borobudur, juga sambil mencicipi pengalaman baru menumpangi mobil VW yang legendaris itu.
Armada dari Mobil VW akan stay di Candi Borobudur dari pukul 09.00-14.00 wib di sekitaran parkir Candi Borobudur. Anda bisa menanyakan pada petugas setempat.

Tour Andong
Paket wisata perjalanan ini menggunakan alat transportasi Andong warga sekitar (Kereta Kuda) yang memiliki rute untuk mengelilingi kawasan di sekitar Borobudur, maka para traveller dapat menyaksikan secara langsung budaya dan kehidupan masyarakat di sekitar kawasan candi Borobudur. Berinteraksi dengan masyarakat yang tinggal dikawasan Borobudur akan memungkinkan para traveller sekalian mendapatkan nilai-nilai sosial dan budaya yang masih terjaga hingga saat ini, dan menambah wawasan kita mengenai kekayaan kultur budaya kita. Sepanjang perjalanan, traveller bisa menikmati pemandangan proses bagaimana penanaman padi, menggiling padi, membuat tahu, membuat kerajinan tangan seperti, tembikar, bambu, gerabah dan kegiatan tradisional lainnya. Menarik, bukan?


Menikmati Borobudur Sunrise dari Lima Bukit
Bagi Traveller saat ini menikmati keindahan sunrise (pemandangan dan fenomena matahari terbit) adalah salah satu moment terbaik untuk menikmati keindahan Candi Borobudur dan alam sekitarnya. Maka wajarlah jika pihak pengelola dari Candi Borobudur ini menyediakan tiket khusus bagi Anda yang ingin menikmati indahnya sunrise view di lokasi Candi Borobudur. Ada beberapa alternatif tempat untuk menikmati keindahan sunrise dan alam sekitar Candi Borobudur dari beberapa desa wisata.

Kontak Resmi dan Reservasi

Call Center: 024 8646 2345
Email: [email protected]
Email: [email protected]

Kantor Pusat
Jalan Raya Jogya – Solo Km 16 Prambanan Sleman, Yogyakarta 55571, Indonesia
Phone: +62 274 496 402 / +62 274 496 406
Fax: +62 274 496 404
Email: [email protected]

Kantor Cabang Jakarta
Gedung Sarinah, Jl. M.H. Thamrin No. 11 Lt. 12 Jakarta 10350, Indonesia
Phone : +62 21 398 32 154
Email : [email protected]

Situs : http://borobudurpark.com/

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur

Tarif wisatawan Nusantara per orang untuk sekali masuk
TWC Borobudur 
Usia 10 tahun keatas Rp          40,000
Usia 3 s/d 10 tahun Rp          20,000
Paket TWC Borobudur, Mendut, dan Pawon
Usia 10 tahun keatas Rp          60,000
Usia 3 s/d 10 tahun Rp          30,000
*Sudah termasuk premi asuransi sebesar Rp 500 /orang
Tarif khusus wisatawan nusantara bagi rombongan pelajar serta mahasiswa per grup setiap kali masuk* (dengan surat pengantar dari sekolah/universitas)
Tarif >20 orang 
TWC Borobudur Rp          20,000
Paket TWC Borobudur, Mendut, dan pawon Rp          30,000
*Sudah termasuk premi asuransi sebesar Rp 500 /orang
Paket Terusan
Borobudur – Ratu Boko
Usia 10 tahun keatas Rp          75,000
Usia 3 s/d 10 tahun Rp          35,000
Borobudur – Prambanan
Usia 10 tahun keatas: Rp 75.000 Rp          75,000
Usia 3 s/d 10 tahun: Rp 35.000 Rp          35,000
Borobudur – Ramayana (ramayana kelas II)
Usia 10 tahun keatas: Rp 150.000 Rp       150,000
Usia 3 s/d 10 tahun: Rp 135.000 Rp       135,000

Sedangkan untuk wisatawan asing sendiri, pihak pengelola membedakan harga tiket masuknya sebagai berikut ini :

Kategori Harga Tiket (Rp)
1. Borobudur Entrance for Adult Rp       337,500
2. Borobudur Entrance for Children Rp       202,500
5. Borobudur & Prambanan Package Entrance for Adult Rp       540,000
6. Borobudur & Prambanan Package Entrance for Children Rp       337,500
7. Borobudur & Ratu Boko Package Entrance for Adult Rp       540,000
8. Borobudur & Ratu Boko Package Entrance for Children Rp       337,500

Nah, demikian informasi yang bsia kami sampaikan jika Anda berminat untuk berwisata ke Candi Borobudur Yang Megah itu. Semoga artikel berjudul Harga Tiket Masuk Candi Borobudur bisa bermanfaat bagi Anda yang membutuhkannya. Jangan Lupa LIKE&SHARE kepada lainnya yaa… terima kasih.

Promo dan Review Informasi Harga Tiket Masuk Candi Borobudur April – Mei 2018

Tinggalkan Pesan

DMCA.com Protection Status