Selecta, Wisata Legendaris Di Kota Batu Sejak Jaman Belanda

Harga Tiket Masuk Selecta – Kota Batu menawarkan beragam pesona alamnya. Hamparan pegunungan yang mengapit di sisi utara, selatan, dan barat menjadikan Kota Batu memiliki hawa sejuk. Wahana Wisata Selecta adalah sebuah tempat peristirahatan di kota Batu yang sudah jadi primadona sejak masa Hindia Belanda hingga sekarang. Sejak awal didirikan, Kota Malang sebenarnya telah diplot sebagai sebuah kota peristirahatan yang nyaman pada waktu itu. Pada saat itu, kota peristirahatan yang sebelumnya berpusat di kota Malang akhirnya mulai bergeser ke arah barat dari malang tepatnya ke Batu saat ini (waktu itu Batu masih ikut kabupaten Malang). Udaranya yang sejuk dan cukup dingin serta bentang alamnya yang hijau dan unik serta memoliki geografis dikepung oleh gunung-gunung disekitarnya, membuat Batu mendapat julukan sebagai De kleine Switzerland atau “Swiss Kecil” oleh pemeritahan Hindia Belanda.

Di Batu sendiri, salah satu tempat wisata yang sudah cukup berumur dan dibangun pada masa pendudukan Belanda adalah Taman Rekreasi Selecta yang lokasinya terletak di desa Tulungrejo, kecamatan Bumiaji. Tempatnya yang indah dan sejuk menjadikan tempat rekreasi yang sudah memiliki usia puluhan tahun ini menjadi idola sejak zaman dahulu.Harga Tiket Masuk Selecta

Taman Rekreasi Selecta didirikan oleh seorang warga Belanda bernama De Reyter De Wild pada tahun 1928. Lokasinya yang tepat berada di kaki Gunung Arjuno menjadikannya Selecta ini tujuan favorit turis mancanegara ketika zaman pemerintahan Belanda, termasuk De Reyter. Itulah yang membuat De Reyter De Wild membangun hotel di lereng Gunung Arjuno tepatnya Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. Inilah cikal bakal wisata Selecta bermula.

Bangunan lama peninggalan Belanda di Selecta ini juga masih terlihat di beberapa bagian di kolam renang serta pada beberapa wisma peristirahatan serta bangunan kantor yang letaknya di sekitar wilayah tersebut dan sengaja untuk dilestarikan sebagai warisan budaya.

Pada awal didirikan, tempat ini sesungguhnya merupakan sebuah bangunan Hotel yang dilengkapi dengan kolam renang dan taman sebagai fasilitas hotelnya. Nama Selecta berasal dari bahasa Belanda yaitu “selectie” yang memiliki arti “pilihan”, dimana maksudnya si De Reyter ingin menjadikan tempat ini sebagai obyek peristirahatn pilihan, mengingat letaknya yang berada disekeliling Gunung Arjuno, Welirang, dan Anjasmoro. Namun lambat laun akhirnya nama “selectie” ini kemudian berubah dan menjadi populer dengan nama Selecta seperti yang kita kenal saat ini.

Udara yang segar serta suhu air yang sangat dingin dan membuat tubuh menggigil merupakan daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh Taman Rekreasi Selecta. Tidak heran jika pada masa lalu hingga kini, di setiap musim liburan tiba tempat ini seakan menjadi sangat ramai dan tidak pernah sepi dari wisatawan baik lokal dari berbagai daerah. Baik yang ingi menginap, bermain, ataupun sekedar berfoto di indahnya taman bunga yang tak kalah terkenalnya yang merupakan peninggalan dari jaman Belanda juga.

Rute menuju Selecta juga dapat dikatakan cukup mudah karena akses jalan yang bagus serta adanya angkutan umum. Dari alun-alun kota Batu sendiri, Selecta hanya berjarak sekitar 6 kilometer saja dan terletak di sebelah utara. Di sepanjang jalan di Selecta kita juga akan disambut jajaran bunga yang indah serta hawa yang sejuk.

Sensasi Taman Bunga Warisan Belanda Ala Selecta

De Reyter juga menata sedemikian rupa aneka jenis tanaman yang dijadikan satu sehingga terbentuklah taman bunga di Selecta, inilah yang menjadi cikal bakal keindahan Taman Bunga Selecta. Oleh karena daya tarik itulah akhirnya di sekitar lokasi juga didirikan beberapa bangunan villa yang memanfaatkan keindahan panorama alam sekitarnya.


Selecta juga erat dikaitkan dengan sejarah pergerakan negara Indonesia, dimana pada jaman dahulu Presiden Pertama Indonesia, yaitu Ir Soekarno dan Wakilnya Muhammad Hatta pernah bermalam di Selecta untuk beristirahat. Dari Selecta ini pulalah Bung Karno dan Bung Hattta menyusun strategi perjuangan melawan penjajah.

Tak hanya Bung Karno dan Bung Hatta, beberapa tokoh seperti Ali Sadikin yang pernah menjabat Gubernur Jakarta, Jenderal Soemitro yang merupakan tokoh jenderal pada jaman kepemimpinan Presiden Soeharto dan Megawati Soekarno Putri juga pernah menginap di Selecta ini. Salah satu villa yang bersejerah dimana para tokoh – tokoh tersebut pernah menginap adalah bernama “Villa De Brandarice” yang sekarang berganti nama menjadi Vila Bima Shakti.

Yuk Nikmati, Sensasi Taman Bunga Warisan Belanda Ala Selecta

Seiring berkembangnya zaman Taman Bunga Selecta tak hanya taman bunga saja yang disajikan pengelola sebagai wahana rekreasi utamanya, akan tetapi juga sudah banyak dibuat berbagai wahana lainnya seperti wahana flying fox, wahana waterboom, kolam renang, dan berbagai tambahan fasilitas lainnya yang menarik untuk dicoba. Lokasinya yang terletak di dataran tinggi membuat pengunjung dapat menikmati keindahan panorama deretan Gunung Arjuno, Gunung Panderman, dan beberapa bukit di sekitar Taman Rekreasi Selecta ini.

Untuk memasuki Selecta pengunjung cukup membayar Rp 25.000 saja per orang, dimana dari harga tersebut pengunjung telah dapat menikmati semua wahana yang ada kecuali flying fox, naik kuda, perahu ayun, dan sky bike. Jika pengunjung ingin menikmati ketiga wahana yang disebutkan tadi, maka pengunjung harus menambah membayar sendiri sebesar Rp 20.000 per orang untuk flying fox, Rp 10.000 per orang untuk menaiki kuda, Rp 10.000 per orang untuk wahana perahu ayu, serta Rp 20.000 per orang untuk wahana sky bike.

Kemudian tak lupa pihak pengelola juga menyediakan wahana menarik yang populer tentu kolam renang dan waterboom, wisata gua singa, wahana kolam renang, area playground untuk anak–anak, dan tentu taman bunga yang memiliki aneka warna bunga nan indah dipandang dan juga bagus untuk digunakan sebagai tempat berfoto atau sekedar berjalan dengan pasangan. Puas bermain dan menjelajah Selecta tentu membuat anda lapar, tak perlu khawatir beragam stan makanan yang akan memanjakan perut anda di dalam areal Selecta ini. Di stan makanan ini ditawarkan berbagai jenis camilan dan makanan khas Kota Batu dan Kota Malang yang akan menggugah selera anda.

Lokasi wisata Selecta ini juga dapat dijadikan sebagai alternatif menginap bagi anda yang ingin merasakan sejuk dan dinginnya udara pegunungan di Batu. Penginapan yang ditawarkan pun harganya variatif mulai dari mulai yang termurah Rp 300.000 per malamnya hingga Rp 1.300.000. Namun bagi anda yang memang berencana untuk bermalam di area sekitar Selecta ini, sanat kami sarankan untuk mempersiapkan jaket dan penghangat karena dinginnya udara malam di sini menjadikan malas beraktivitas di luar. Selecta menawarkan sensasi udara pegunungan dengan keindahan alamnya. Ini yang akan membuat pengunjung betah berlama–lama di sini.

HARGA TIKET MASUK SELECTA

  • Senin-Minggu Rp.30.000,- Termasuk High Session, Hari Libur Nasional dan Musim Liburan

KONTAK RESMI SELECTA
LOKASI Jl. Raya Selecta 1 Kota Wisata Batu – Jawa Timur Indonesia
Telp : Taman Wisata : 0341 592379
Hotel Reservation : 0341 591025
Fax : 0341 592369

Demikian yang bisa kami sampaikan, semoga informasi dari konten artikel Harga Tiket Masuk Selecta ini bisa bermanfaat bagi Anda dan Keluarga.

Promo dan Harga Tiket Masuk Selecta Batu September – Oktober 2017
Tagged on:     

Tinggalkan Pesan

DMCA.com Protection Status