Harga Tiket Masuk TMII – Taman Mini Indonesia Indah (TMII) salah kawasan taman wisata terpadu yang bertemakan kekhasan budaya Indonesia yang lokasinya berada di Jakarta Timur. TMII memiliki areal seluas kurang lebih 150 hektar atau sekitar 1,5 kilometer persegi. Di Indonesia, hampir setiap suku bangsa memiliki bentuk dan corak bangunan yang berbeda dan memiliki  ciri yang unik dan khas, bahkan tidak jarang pada salah satu suku bangsa tersebut memiliki lebih dari satu jenis bangunan tradisional, mengingat begitu kayanya budaya dari nenek moyang orang Indonesia di masa lampau. Bangunan atau arsitektur tradisional yang mereka buat selalu dilatarbetakangi oleh kondisi faktor lingkungan sekitar, alam, dan kebudayaan yang dimiliki.

Nah, di TMII inilah, gambaran dari berbagai rumah budaya suku-suku bangsa di seluruh Indonesia tersebut diwujudkan melalui Anjungan Daerah, yang mewakili semua suku bangsa yang berada di 33 Provinsi di Indonesia. Anjungan provinsi ini dibangun di sekitar danau dengan miniatur Kepulauan Indonesia, yang secara tematik dibagi atas enam zona: zona Jawa, zona Sumatera, zona Kalimantan, zona Sulawesi, zona Bali dan Nusa Tenggara, zona Maluku dan Papua. Tiap anjungan ini menampilkan miniatur bangunan khas setempat.

Harga Tiket Masuk TMII

Taman Mini Indonesia Indah ini merupakan sebuah konsep rangkuman dari seluruh kebudayaan bangsa Indonesia, yang desainnya mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari masyarakat dari 33 provinsi Indonesia (pada tahun 1975) yang ditampilkan dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional, juga menampilkan aneka busana, tarian dan tradisi daerah sehingga tidak hanya sekedar miniatur bangunan saja, ada nilai seni yang tinggi dan pesan sejarah dan budaya yang disampaikan ke pengunjung.

Disamping itu, di tengah-tengah TMII ini juga terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia di tengahnya (berbentuk sebuah peta), kemudian juga ada kereta gantung, berbagai jenis museum, dan ada juga dihadirkan Teater IMAX Keong Mas serta Teater Tanah Airku. Berbagai sarana dan fasilitas rekreasi ini menjadikan TMIII sebagai salah satu kawasan wisata terkemuka di ibu kota, juga menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia.

harga tiket masuk tmii

Gagasan pembangunan suatu miniatur yang memuat kelengkapan Indonesia dengan segala isinya ini pertama kali dicetuskan oleh Ibu Negara Indonesia pada waktu itu, ibu Siti Hartinah, yaitu istri Presiden Soeharto dan lebih dikenal dengan sebutan Ibu Tien Soeharto. Gagasan ini timbul pada suatu pertemuan di Jalan Cendana no. 8 Jakarta. Melalui miniatur keragaman budaya ini diharapkan dapat membangkitkan rasa bangga dan rasa cinta tanah air pada seluruh bangsa Indonesia. Maka pada waktu itu akhirnya dimulai proyek yang disebut Proyek Miniatur Indonesia “Indonesia Indah”, yang dilaksanakan oleh Yayasan Harapan Kita. TMII mulai dibangun tahun 1972 dan diresmikan pada tanggal 20 April 1975.

Maskot resmi dari TMII adalah berupa tokoh wayang Hanoman yang dinamakan NITRA (singkatan dari Anjani Putra). Maskot Taman Mini “Indonesia Indah” si Hanoman ini diresmikan oleh Ibu Tien Soeharto, bertepatan dengan anniversary 2 tahun TMII, pada tahun 1991.

Selain miniatur Indonesia yakni ragam kekayaan budaya Indonesia lewat anjungan nusantara yang terdiri dari berbagai rumah adat khas tanah air, juga dibangun fasilitas tempat ibadah yang menjadi representatif dari enam agama resmi di Indonesia. Kemudian juga banyak wahana yang cocok untuk anak-anak., seperti wahana Istana Anak, naik gondola atau juga bisa mencoba sejumlah wahana permainan di Taman Legenda Keong Emas dimana terdapat taman dinosaurus didalamnya.

harga tiket masuk tmii

Apa Saja Yang Bisa Anda JELAJAH di TMII?

  • ANJUNGAN DAERAH
    Anjungan Daerah adalah bangunan-bangunan rumah adat yang bercirikan arsitektur tradisional khas daerah Indonesia
  • MUSEUM
    Hingga saat ini di TMII terdapat kurang lebih 19 museum yang berbeda sudah berdiri di atas lahannya. Ragam dan variasi jenis museum tersebut ditujukan untuk menjawab rasa pengetahuan dan berbagai pertanyaan seputar pengetahuan, kehidupan, sosial masyarakat, budaya dan peradaban, teknologi dan lain sebagainya.
  • FLORA & FAUNA
    Taman Rekreasi di dalam area TMII terdiri dari beberapa jenis. Setidaknya taman rekreasi ada yang dikategorikan sebagai taman monumental, taman flora, taman fauna serta taman hiburan. Taman Flora terdiri dari Taman Apoti Hidup, Taman Melati, serta Taman Legenda Keong Emas. Taman Fauna diantaranya Taman Bekisar, Taman Burung, Taman Reptilia, Taman Kupu, Dunia Air Tawar. Taman Hiburan dan Sarana Rekreasi antara lain taman air Snowbay Water Park,Istana Anak Anak Indonesia dan Among Putro “Jagat Antariksa” SkyWorld.
  • WAHANA REKREASI
    Wahana rekreasi yang terdiri dari konsep hiburan, edukasi, pelestarian budaya, juga pengetahuan,  antara lain wahana Istana Anak-Anak Indonesia, Teater IMAX Keong Emas, Teater 4D’Motion, Kereta Gantung, Monorel Titihan Samirono, Taman Budaya Tionghoa Indonesia, Taman Among Putro Skyworld, Snowbay Waterpark dan Taman Legenda Keong Emas.
  • TEMPAT IBADAH
    Disini kita akan menemukan Tempat Ibadah sekaligus penganut agama Islam, Kristen, Katolik, Budha, Hindu dan konghucu berjalan bersama menuju rumah ibadah masing-masing yang hanya berjarak beberapa meter. Untuk membuktikannya, kita dapat mengunjungi Masjid Diponegoro saat ibadah Shalat Jum’at berlangsung. Di saat bersamaan, terjadi kebaktian ekumene di Gereja Haleluya yang dipimpin oleh seorang Pendeta. Begitupun dengan hari minggu dimana dilakukan kegiatan ibadah umat Kristen dan Katholik di Gereja Haleluya dan Santa Chatarina, saat yang bersamaan, terjadi kegiatan agama di wihara Budha ataupun Pura Hindu Dharma.
  • FASILITAS
    Fasilitas yang disediakan di Taman Mini “Indonesia Indah” terbagi menjadi 4 (empat) Kategori, yaitu hotel dan restoran, toko kerajinan tangan dan galeri, persewaan gedung dan transportasi umum. Ada beberapa hotel dan restoran yang berada di dalam komplek TMII yakni, Desa Wisata Hostel, Puri, Graha Wisata Remaja, Puri Caping Gunung dan Pondok Pecel Madiun. Begitu juga dengan toko kerajinan tangan dan galeri dimana para pengunjung dapat melihat hasil karya para seniman di Desa Seni dan Pasar Buku Langka. Mengingat luasnya yang mencapai 150 hektar, maka juga disediakan alat transportasi umum bagi para pengunjung TMII seperti mobil keliling, sepeda listrik dan sepeda wisata.
  • INFORMASI BUDAYA WISATA TMII
    Kegiatan merangkum informasi mengenai aspek-aspek budaya dan wisata di seluruh Indonesia diharapkan dapat membantu informasi tentang kebudayaan dan kepariwisataan indonesia yang beraneka ragam dan cukup banyak jumlahnya. Dilengkapi dengan perpustakaan dan audio visual. Informasi Budaya Wisata juga turut sebagai media penyampaian informasi TMII dalam bentuk publikasi bulanan TMII kepada masyarakat melalui penerbitan produk cetak seperti kalender acara bulanan , publikasi sosial media melalui website, Facebook, twitter dan media lainnya. TMII juga aktif membangun IT dalam bentuk pemgembangan website dan jaringan IT serta tenaga pemanduan yang terlatih dalam guide.
  • PUSAT PELAYANAN INFORMASI
    Pusat informasi wisatawan siap melayani pengunjung yang membutuhkan informasi mengenai berbagai aspek TMII, mengingat begitu banyak objek dan daya tarik wisata yang ada pusat informasi ini dapat membantu pengunjung menentukan pilihan, sehingga waktu dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya, sistematis dan efisien.
  • PERPUSTAKAAN TMII
    Perpustakaan TMII menyediakan beragam jenis buku tentang kebudayaan dan kepariwisataan Indonesia mulai upacara daur hidup, yaitu upacara kehamilan, kelahiran, perkawinan, kematian, keagamaan, sampai arsitektur ragam hias, busana maupun objek-objek wisata. Kini perpustakaan menempati Gd. BPP lantai 1 sehingga dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada wisatawan.
  • EVENT BUDAYA dan SENI
    DI TMII juga sering diadakan event budaya lokal dan kreativitas seni, yang bermacam macam jenis shownya, seperti Drama Tari Tuanku Buang Asmara, Pagelaran Tari Daerah dan Wayang Orang Malangan, Pesona Indonesia, Pagelaran Kesenian, Pentas Aneka Tari Bali, Parade Lagu Daerah, Workshop & Lomba Puisi Bahasa Banjar dsb.

harga tiket masuk tmii

PINTU MASUK TMII

Senin – Minggu Jam Operasional 07.00 – 22.00 WIB

WeekEnd Desember Umum17 Desember 2016 – 1 Januari 2017Rp. 15.000,-/orang
WeekEnd Desember Khusus31 Desember 2016 15:00 – 1 Januari 2017 00:00 WIBRp. 30.000,-/orang
Hari Biasa (Diluar Pekan)Perorangan Normal (3 tahun keatas)Rp. 10.000,-
 MobilRp. 10.000,-
 Bus/TrukRp. 30.000,-
 MotorRp. 6.000,-
 SepedaRp. 1.000,-

ISTANA ANAK ANAK INDONESIA

Senin – Minggu Jam Operasional 08.30 – 17.00 WIB

Tiket Pintu MasukRp. 10.000,-
Wahana Kereta Api KelinciRp. 10.000,-
Wahana Mandi BolaRp. 5.000,-
Wahana Kolam Renang Sendang SejodoRp. 15.000,-
Wahana Bumper CarRp. 15.000,-
Wahana Air PlaneRp. 10.000,-
MonorailRp. 10.000,-
Wahana Komedi PutarRp. 10.000,-
Wahana Roda TamasyaRp. 10.000,-
Wahana Kiddy BoatRp. 10.000,-
Wahana Baterry CarRp. 10.000,-
Wahana Pesawat CapungRp. 10.000,-
Wahana Fancy AnimalRp. 10.000,-
Wahana Giring OmbakRp. 10.000,-

REKREASI


SnowBay Water Park17 Desember 2016 s/d 01 Januari 2017Rp. 180.000,- (Bayi dibawah 85 cm “FREE”)
SnowBay Water ParkJam 09.00 – 18.00 WIB 
 Senin s/d Kamis (diluar pekan)Rp. 140.000,-
 Jumat s/d Minggu, Hari LiburRp. 180.000,-
Theater IMAX Keong Emas24 Desember 2016 – 1 Januari 2017 
 Umum / BiasaRp. 40.000,-
 VIP / BalkonRp. 75.000,-
Theater IMAX Keong EmasJam 09.00 – 17.00 WIB 
 Umum / BiasaRp. 35.000,-
 VIP / BalkonRp. 60.000,-
 Outbound – Harga terusanRp. 65.000,-
 Green Skate ParkRp. 15.000,-
 Dunia Inline Skate (coba-coba)Rp. 60.000,-
Taman Legenda Keong EmasSenin s/d Kamis (jam 10.00 – 17.00 WIB)Rp. 15.000,-
 
  • Jumat s/d Minggu
  • Hari Libur (jam 09.00 – 20.00 WIB)
Rp. 25.000,-
 seri Petualangan DinosaurusRp. 30.000,-
 seri Mata LegendaRp. 20.000,-
 seri Nirwata KisarRp. 20.000,-
 seri Kapal Bajak lautRp. 15.000,-
 seri Kereta BeosRp. 15.000,-
 seri Ulat SelurRp. 15.000,-
 seri Anak TirtaRp. 25.000,-
Titihan Samirono/AeromovelSenin-Jumat (jam 09.00-16.30 WIB)Rp. 30.000,-
 Sabtu-Minggu (jam 08.30-18.00 WIB)Rp. 40.000,-
Kereta GantungSenin-Jumat (jam 09.00-16.30 WIB)Rp. 40.000,-
 Sabtu-Minggu (jam 08.30-18.00 WIB)Rp. 50.000,-
Teater 4 DimensiJam 09.00 – 17.00 WIB 
 Senin s/d JumatRp. 15.000,-
 Sabtu-Minggu, Hari LiburRp. 15.000,-

MUSEUM

Museum IndonesiaRp. 15.000,-
Museum Prangko IndonesiaRp. 5.000,-
Museum PusakaRp. 10.000,-
Museum TransportasiRp. 5.000,-
Museum Listrik dan Energi BaruRp. 10.000,-
Museum TelekomunikasiRp. 2.000,-
Museum Olahraga NasionalRp. 2.000,-
Museum AsmatRp. 10.000,-
Museum Timor-TimorRp. 5.000,-
Pusat Peragaan IPTEKRp. 16.500,-
Museum Minyak dan Gas Bumi (GAWITRA)Sedang di renovasi
Museum PeneranganBebas Biaya
Bayt AL-QUR’AN dan Museum IstiqlalBebas Biaya
021-8416468 

FLORA FAUNA

Koleksi Dunia Air Tawar dan Dunia SeranggaRp. 25.000,-
Koleksi Taman Burung dan Taman BekisarRp. 20.000,-
Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman ReptiliaRp. 25.000,-

FASILITAS

Sasono & PuriCP: 021-87795617Hubungi kami
Teater Tanah AirkuCP: 021-29378593Hubungi kami
Hotel Desa WisataCP: 021-8401138, 021-8401153Hubungi kami
Graha Wisata RemajaCP: 021-8409289, 021-8400418Hubungi kami
Resto Puri Caping GunungCP: 021-8409445, 021-8409446Hubungi kami
TransportasiMobil Wisata NusantaraRp. 10.000,- untuk 3x naik
 Carter Mobil Wisata (Suzuki Carry)Rp. 150.000,-/jam
 Carter Mobil VIP (Isuzu)Rp. 200.000,-/jam
 Carter Mobil Wisata (Micro Bus)Rp. 250.000,-/jam
 Carter Mobil VIP (Isuzu)Rp. 200.000,-/jam
 Carter Mobil Wisata (Suzuki Carry)Rp. 500.000,-/hari (8 jam)
 Carter Mobil VIP (Isuzu)Rp. 750.000,-/hari (8 jam)
 Carter Mobil Wisata (Micro Bus)Rp. 1.500.000,-/hari (8 jam)
 Carter Mobil GandengRp. 1.500.000,-/hari (8 jam)

Demikian yang bisa kami sampaikan, semoga konten artikel Harga Tiket Masuk TMII ini bisa bermanfaat bagi Anda dan Keluarga.

Promo dan Harga Tiket Masuk TMII November – Desember 2017
Tagged on:             

Tinggalkan Pesan

DMCA.com Protection Status